Tips Merekam Video Dengan Baik dan Benar

Kehadiran video merupakan salah satu hal penting yang ‘mesti’ ada di smartphone masa kini. Dimana dengan kehadiran video ini, pengguna dapat mengabadikan berbagai moment penting tanpa harus membawa kamera digital maupun handycam. Dan berita baiknya lagi, video yang diselipkan diponsel masa kini rata-rata memiliki resolusi definisi tinggi sehingga hasil video yang di hasilkanpun sangat baik.Tapi, walaupun memiliki resolusi yang tinggi jika tidak didukung oleh kehandalan penggunanya , maka hasilnya tidak akan maksimal. Lalu, bagaimana cara mendapatkan hasil gambar video yang sempurna?
Berikut tips dan trik yang perlu diperhatikan saat merekam video:

1.  Gunakan Dua Tangan

Mengapa hal ini sangat penting dilakukan? Karena jika kita mengambil obyek dengan satu tangan kita berpeluang menghasilkan video yang goyang. Jika hasil gambar video terlalu bergoyang, tentu hasilnya akan membuat Anda kecewa. Oleh karena itu gunakanlah dua tangan Anda agar mendapatkan gambar video yang lebih stabil dan meminimalisir pergerakan tangan.

2.  Mikrofon Jangan Terhalang

Selain pengambilan gambar, ada hal penting lainnya yang wajib Anda perhatikan, yaitu: suara. Jika dalam perekaman video, Anda menghalangi mikrofon, maka bisa dipastikan kuaitas suara dari video yang Anda rekam akan berkurang. Jika suara tidak terekam tentu saja video Anda menjadi tidak menarik.Walaupun, posisi mikrofon pada tiap handphone itu berbeda-beda, pastikan Anda tidak menutupi area speaker ini. Agar kualitas gambar dan suara sama baiknya, sehingga hasil video yang dihasilkanpun maksimal.

3.  Perhatikan posisi pengambilan gambar

Jika pada ponsel menyaksikan video memang bisa melalui berbagai posisi, baik horizontal maupun vertical. Tapi, jika kita akan memindahkannya ke komputer maupun TV, tentu lebih nyaman jika menyaksikannya secara horizontal atau mode landscape. Jadi, jika Anda berencana ingin menonton video tersebut dikomputer maupun TV, sebaiknya posisikan kamera Anda ke posisi horisontal.

4.  Pergerakan perlahan

Yang perlu diperhatikan dalam merekam video adalah jangan melakukan pergerakan secara tiba-tiba atau dengan gerakan cepat. Jika memang hendak berubah posisi, usahakan dilakukan dengan perlahan atau dengan kecepatan yang stabil.

5.  Jangan gunakan Zoom

Terkadang untuk menangkap obyek yang jauh kita mengandalkan efek zoom. Padahal hal tersebut akan membuat rekaman video kita menjadi pecah dan goyang. Untuk menyiasatinya,sebaiknya majulah beberapa langkah guna mendapatkan gambar yang jelas.

6.  Aktifkan HDR

Dengan mengaktifkan HDR maka kualitas gambar video Anda akan tampil lebih cerah dibandingkan dengan pengaturan standar.

7.  Hati-hati area yang terlalu terang

Kenapa? Karena biasanya hasil gambar video yang diambil pada objek utamanya akan ditangkap menjadi gelap bahkan tidak terlihat, sedangkan pencahayaan disekitarnya akan membuat tampilan video menjadi silau.

Baca artikel lainnya disini.