Tips Memilih Lensa Kamera

Tips Memilih Lensa Kamera
sumber: google image

Tips Memilih Lensa Kamera yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Lensa Kamera – Halo, Toppers! Apakah kamu baru mulai belajar menekuni dunia fotografi? Tentunya kamu harus tahu bahwa dalam fotografi, sebuah kamera tidak akan berfungsi dengan benar tanpa adanya lensa kamera yang mendukung.

Tapi, tahukah kamu bahwa memilih lensa sama seperti memilih jodoh, yaitu harus dilakukan dengan hati-hati? Salah memilih lensa kamera dapat berujung pada hal-hal yang tidak diinginkan, seperti mendapatkan hasil foto yang tidak sesuai keinginan dan adanya pengeluaran yang sia-sia.

Untuk itu, yuk simak selengkapnya cara memilih lensa kamera yang tepat berikut ini!

Tips Memilih Lensa Kamera

Karena itu, sebagai seorang fotografer, kamu tidak hanya diharuskan mencari kamera yang mumpuni, namun kamu juga wajib memilih lensa yang tepat. Agar kamu tidak salah pilih, kali ini Tokopedia akan membagikan tips memilih lensa kamera yang tepat dan sesuai kebutuhanmu.

1. Pahami Apa Kebutuhanmu

Sebelum memutuskan untuk membeli lensa kamera, mulailah dengan mengetahui lensa seperti apa yang kamu butuhkan. Untuk kamu yang sekadar membutuhkan kamera untuk acara keluarga atau kumpul bersama teman, maka lensa 18-55 mm yang termasuk di dalam paket kit kamera DSLR sudah cukup.

Namun, apabila kamu ingin menekuni fotografi alam liar atau city landscape, ada baiknya kamu memilih lensa tele dan lensa makro. Memilih lensa yang sesuai dengan kebutuhanmu dapat memaksimalkan kegiatan memotretmu.

2. Ketahui Spesifikasi Lensa

Selain memahami kebutuhanmu, pelajari juga spesifikasi lensa yang akan kamu beli. Ada beberapa faktor yang harus kamu pertimbangkan dan pahami matang-matang sebelum memilih lensa kamera, seperti kualitas optik, jarak fokus, dan aperture atau bukaan lensa.

Masing-masing lensa memiliki keunggulan dan kelebihan yang tentunya juga perlu kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu.

3. Sesuaikan Tipe Lensa dengan Kamera

Hal terakhir yang kamu inginkan terjadi adalah membeli lensa yang tidak cocok dengan kameramu. Membeli lensa kamera yang tidak sesuai dengan kameramu akan membuat hasil fotomu tidak maksimal, bahkan bisa saja lensa yang sudah terlanjur kamu beli tidak dapat dipakai.

Maka dari itu, pastikan kamu mencocokkan lensa dengan sensor kamera. Umumnya, kamera DSLR memiliki sensor yang dibagi menjadi dua jenis, yaitu sensor full frame dan sensor APSC. Pahami dengan benar jenis kamera yang kamu punya, dan pilihlah lensa yang dapat dipasang di kameramu.

4. Pertimbangkan Bobot

Jika kamu mencari lensa kamera untuk kebutuhan traveling, ada baiknya jika memprioritaskan bobot dari lensa. Karena akan mempengaruhi mobilitasmu saat di perjalanan nanti. Tapi, jika kamu mencari lensa untuk kebutuhan sehari-hari, bobot yang sedikit lebih berat pun tidak masalah tentunya.

5. Perhatikan Aperture Lensa

Sebisa mungkin, cari lensa yang memiliki aperture lebar. Semakin lebar bukaan lensa, maka cahaya yang masuk ke sensor kamera akan lebih banyak. Sehingga kualitas foto bakal lebih baik, bahkan di lingkungan yang minim cahaya.

Sebagai contoh, lensa kamera dengan aperture f/2.0 punya bukaan yang lebih besar dibanding f/2.8. Semakin besar angkanya, maka semakin kecil bukaan lensanya. Dan, hal ini berlaku sebaliknya.

6. Pilih Lensa Fix atau Zoom?

Jika kamu membeli lensa untuk digunakan berfoto keluarga atau dengan teman-teman, serta hanya digunakan untuk kebutuhan dalam ruang. Lensa fix merupakan pilihan tepat untukmu.

Namun, jika kamu hobi kegiatan luar ruang dan senang menjepret objek foto dari kejauhan. Sebaiknya kamu memilih lensa zoom. Karena dengan lensa ini, kamu bisa mendapatkan hasil foto yang berkualitas meski dari jarak jauh.

7. Uji Secara Langsung Lensa yang Akan Dibeli

Ketika sedang memilih lensa kamera di toko, bawalah bodi kamera yang kamu miliki. Hal ini bertujuan untuk mengetes secara langsung kondisi dan kualitas lensa kamera yang akan kamu beli. Pastikan lensa kamera tidak gagal fokus dan menempatkan fokus objek secara tepat.

Selain itu, perhatikan pula kondisi ring fokus atau zoom yang ada di lensa kamera, apakah masih terasa kaku atau malah terlalu longgar. Kebersihan optik lensa pun juga harus kamu perhatikan. Pilihlah optik lensa yang bersih dan tidak berjamur, karena sangat mungkin ada jamur di lensa baru yang sudah terlalu lama disimpan.

8. Pastikan Garansi Resmi

Pastikan lensa kamera yang akan kamu beli memiliki garansi resmi. Lebih baik jika perangkat lensa mendapatkan garansi langsung dari pabrikan pembuat lensa. Karena, tentunya garansi produsen bakal lebih terpercaya dibanding garansi yang diberikan oleh toko.

baca juga: 10 Peralatan Membuat Video Dokumenter Yang Wajib Dimiliki