Tips Memilih Kamera Untuk Poctret Outdoor

Setiap fotografer yang hobi berpetualang pastinya akan paham bahwa betapa sulitnya menemukan kamera yang sempurna untuk menemani aktivitas petualangan mereka. Berbagai masalah yang sering timbul seperti: ukuran kamera yang terlalu berat untuk dibawa kemana-mana atau bahkan ukurannya yang terlalu kecil untuk digunakan dan mungkin kamera tersebut tidak menghasilkan kualitas gambar yang baik, seperti yang diinginkan. Dengan berbagai macam masalah dan kendala tersebut, pada kesempatan kali ini kami akan memberi anda info tentang 4 tipe kamera digital yang cocok untuk para fotografer petualang. Kamera-kamera dibawah ini pastinya tangguh, mudah untuk digunakan, dan yang terpenting yaitu dapat memberi anda kualitas gambar professional yang terindah. Kamera-kamera ini hadir dengan performa terbaik yang dimiliki, sehingga pantas untuk anda bawa serta ikut dalam jejak petualangan anda.

Tapi, sebelum membahas mengenai tipe-tipe kamera tersebut, ada beberapa petimbangan khusus yang akan kami bagikan ke anda sebelum memutuskan untuk membeli kamera yang tepat untuk menemani petualangan anda. Berikut ini pertimbangan-pertimbangan tersebut:

Sensor Gambar dan Jumlah Megapiksel: kombinasi antara kedua faktor ini menghasilkan kualitas fotografi terbaik, jadi perhatikan kedua faktor ini dengan seksama saat anda memilih sebuah kamera.

Ukuran dan Berat: pikirkan tentang dimana anda akan menyimpan kamera saat anda membawanya. Kebanyakan fotografer akan menggantung kameranya dileher atau menyimpannya dalam tas mereka. Itu berarti bahwa anda membutuhkan kamera yang terjangkau dalam ukuran berat serta tidak mengambil ruang lebih dalam space penyimpanan anda.

Kecepatan: memiliki kamera dengan kecepatan terbaik merupakan hal terpenting dalam jejak petualangan anda. Dengan kehandalannya dalam mengambil gambar dalam hitungan beberapa detik dan menghasilkan gambar yang menawan tanpa ada satupun yang terlewatkan. Pilihlah sebuah kamera yang memiliki pengaturan dan pengoperasian yang cepat.

Tahan disegala Cuaca: karena anda adalah seorang fotografer yang hobi berpetualang diluar ruangan yang penuh dengan berbagai tantangan dalam kondisi cuaca, seperti hujan atau saat panas yang penuh dengan kotoran dan debu, jadi carilah kamera yang tahan dengan segala rintangan tersebut.

Harga yang Terjangkau: setiap fotografer memiliki anggaran/budget yang berbeda-beda, jadi pilihlah kamera dengan budget yang pas dengan kantong anda. kebanyakan kamera digital point and shoot hadir dengan harga yang terjangkau, selebihnya yaitu kamera DSLR yang beredar dipasaran.

Kualitas Desain: pastinya, anda menginginkan sebuah kamera dengan daya tahan terbaik dan lulus uji tes, dengan segala elemen terbaik yang dimiliki. Desain kamera yang tahan lama terbuat dari bahan metal atau bodi berbahan plastik, serta lensa yang berkualitas menjadikan kamera anda tahan hingga beberapa tahun kedepan.

Nah, itu dia beberapa pertimbangan penting diatas yang harus anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah kamera yang tepat untuk menemani petualangan ekstrim anda dan berikut ini tipe-tipe kamera digital tersebut untuk anda:

SONY ALPHA A-6300

Secara keseluruhan, Sony Alpha a-6300 merupakan pilihan teratas yang berada dipasaran saat ini untuk kamera terbaik bagi anda para petualang. Kamera ini ini dapat mengambil gambar yang berkualitas, dengan sensor terbesar yang dimiliki dan selalu menghasilkan gambar yang jernih, penuh warna, tidak peduli pengaturan apa pun yang anda gunakan. Dengan sistem auto-fokus tercepat yang dimiliki, anda tak akan pernah kelewatan momen terbaik dalam jejak petualangan. Dengan desain bodi berbahan magnesium alloy dan pegangan kamera yang memadai, berarti anda dapat dengan leluasa dalam tiap sesi pemotretan yang anda jalani. Jika anda mencari sebuah kamera dengan performa terbaik dan tangguh, meski dalam kondisi apapun, dan tetap masih memberi anda hasil gambar yang professional, maka kamera Sony A-6300 merupakan pilihan terbaik bagi anda.

FITUR UTAMA:

World’s fastest Auto Focus speed (0.05 sec.)

24.2 MP APS-C Exmor CMOS sensor w/ accelerated readout

Up to 11fps continuous shooting w/Auto Focus and Exposure

Internal UHD 4K30 & 1080p120 Recording

Weather-Sealed Magnesium Alloy Body

NIKON D-7200

Jika anda adalah seorang fotografer yang mengutamakan kecepatan dalam pemotretan, anda harus melirik kamera Nikon D-7200. Kamera DSLR ini lumayan besar dan berat, tapi dengan ukurannya tersebut anda dapat merasakan sekumpulan fitur terbaik yang ditawarkannya. Dengan jumlah megapiksel yang besar dan sensor yang handal, kamera ini selalu memberi anda hasil gambar yang mengesankan, meski saat anda memotret di malam hari dan memilki daya tahan batre yang luar biasa dengan kemampuan terbaik, jadi anda tidak perlu berhenti tiap menit untuk mengganti daya batre. Secara keseluruhan, kamera ini sangat tepat dalam menemani setiap jejak petualangan anda atau cocok bagi para fotografer potrait yang selalu mengutamakan kualitas kamera DSLR saat mereka berpetualang.

FITUR UTAMA:

24.2 MP DX-format CMOS image sensor

No Optical Low-Pass Filter (OLPF)

51 point autofocus system

6 frames per second (fps) shooting capacity

EXPEED 4 image processing; ISO Sensitivity: ISO 100 – 25,600

Built in Wi-Fi and Near Field Communication (NFC) for instant sharing

RICOH GR II

Jika anda membutuhkan sebuah kamera digital point-and shoot yang tangguh dan memberi anda kualitas gambar terbaik, serta sejajar dengan kualitas yang ditawarkan oleh kamera dari para professional, Rich GR II adalah solusi yang tepat untuk anda. Kamera ini di desain dengan bodi yang tangguh serta ramping dan lebih ringan dengan sebuah auto-fokus yang cepat, sehingga anda tak akan kelewatan satu pun momen terbaik dalam pemotretan. Kamera ini juga memiliki daya batre yang tahan lama serta desain yang ramah. Dilengkapi dengan sekumpulan fitur terbaik dengan harganya yang terjangkau, menjadikan Ricoh GR II merupakan pilihan yang sempurna bagi para fotografer yang menginginkan kamera dengan desain stylish untuk dibawa ke segala medan pemotretan.

FITUR UTAMA:

16MP – APS-C CMOS Sensor

ISO 100 – 25600

28 mm f2.80 Prime Lens

3″ Fixed Type Screen

Optical (optional) viewfinder

4.0 fps continuous shooting

1920 x 1080 video resolution

Built-in Wireless

251g. 117 x 63 x 35 mm

CANON EOS 6D

Jika anda telah siap dengan petualangan anda, jangan lupa untuk membawa serta Canon EOS 6D. Kamera DSLR ini memiliki kinerja yang mengesankan dengan ukurannya yang cukup ringan. Kamera ini sangat menggebrak pasaran kamera outdoor saat pertama di luncurkannya. Hasil gambar yang ditawarkan begitu bagus dengan kualitas gambar jernih. Kamera ini juga memiliki sistem AF yang handal dan lebih mudah untuk digunakan. Sekumpulan fitur professional yang dimiliki serta berbagai kebaikan yang menjadikannya sebagai salah satu kamera favorit bagi para fotografer outdoor yang senang berpetualang. Dengan sensor CMOS terbaik, titik AF sebanyak 11 poin, dan kualitas gambar luar biasa dengan rentang ISO yang dimiliki, kamera ini sangat mudah untuk anda pahami. Anda dapat menggunakannya dimana dan kapan saja. Ditambah lagi, bodi yang berbahan magnesium alloy dan shutter yang di desain dengan garansi daya tahan terbaik, menjadikan Canon EOS 6D ini dapat anda gunakan untuk memotret gambar sebanyak mungkin, sesuka anda! Salah satu fitur terbaru yang sangat digemari dari kamera ini, yaitu kemampuan lain yang dimilikinya untuk menjadi ponsel pintar atau tablet, yang memungkinkan anda untuk mengontrol kamera dari jarak jauh menggunakan perangkat lain. Hal ini menjadi kabar yang menggembirakan bagi para fotografer alam.

FITUR UTAMA:

20.2 MP full frame CMOS sensor

4.5 frames per second continuous shooting

1080p HD video recording with manual controls

11-point AF system

3” inch LCD with 1,040,000 dots

SD Memory

Nah, itulah beberapa tips untuk memilih kamera yang cocok untuk memotret pada tema outdoor. Ingin tips dan artikel lainnya mengenai fotografi dan videografi? Yuk ikuti dan kunjungi kami DISINI. Terima kasih. Semoga bermanfaat.