Menghilangkan Noise

menghilangkan noise
sumber: google image

Tips Menghilangkan Noise Pada Audio

Noise adalah suara bising yang muncul ketika kita sedang melakukan rekaman, biasanya noise muncul pada saat kita melakukan rekaman di ruangan yang dimana angin bisa masuk dan tanpa menggunakan alat yang dikhususkan untuk menghilangkan noise.

Noise biasanya muncul pada audio yang direkam menggunakan microphone smartphone, karena pada microphone smartphone sesitivitasnya sangat tinggi hingga suara angin yang kecil bisa terekam oleh microphone tersebut.

Cara menghilangkan noise yang paling efektif adalah dengan menggunakan aplikasi khusus yang sudah terpasang di smartphone atau microphone yang kamu punya, harga alat tersebut sekitar Rp 50.000,- s/d Rp 100.000,- untuk alat yang biasa, dan ada juga alat yang lebih bagus namun harganya terlalu mahal.

Selain menggunakan alat kamu juga bisa menggunakan aplikasi yang tersedia untuk PC dan Android, berikut ini tutorial cara menghilangkan noise pada rekaman suara dengan Android.

1. Download aplikasi Lexis Audio Editor di Play Store, lalu jalankan aplikasinya.

2. Kamu pilih audio yang ingin digunakan, kamu bisa mengambil berkas audio langsung dari file manager atau bisa langsung melakukan perekaman suara dengan menggunakan tombol bulat berwarna merah diatas aplikasi.

3. Tap kembali tombol tersebut untuk memberhentikan perekeman, lalu kamu tap pada tombol titik tiga yang berada disudut kanan atas.

4. Lalu kamu ketuk pada effect → noise reduction.

5. Lalu tap apply.

6. Tunggu proses perubahan suara, biasanya memakan beberapa detik untuk audio berdurasi pendek.

7. Jika sudah selesai, silahkan kamu dengarkan hasil yang didapat, jika bagus, kamu bisa langsung melakukan penyimpanan ke memori kamu dengan tap tombol save yang ada di atas aplikasi, tetapi jika masih terdengar noise, silahkan ulangi sekali lagi seperti langkah di atas. Selesai.

baca juga: jenis – jenis video yang harus diketahui