Apa Itu Slider? Apa Fungsinya? Yuk Kupas Disini!

Ketika DSLR pertama mulai digunakan untukpengambilan video, munculah camera slider. Camera Slider atau Slider Kamera adalah tempat dimana kamera DSLR atau kamera broadcast diletakkan dan digeserkan menggunakan manual atau dengan remote control baik ke kiri-kanan atau ke depan-belakang.

Fungsi utama dari Camera Slider ini adalah untuk memperhalus movement camera, baik dari segi teknik pengambilan maupun segi sinematografi. Banyak sekali jenis dari camera slider ini, namun dalam membeli produk ini haruslah berhati-hati. Karena dalam beberapa kasus, banyak yang baru saja memakai sudah rusak atau tidak lancar. Berikut hal-hal yang perlu dipertimbangkan ketika menggunakan slider: 

  1. Kelancaran slider. Sebagian besar slider benar-benar halus ketika dijalankan secara horizontal ataupun vertikal. Kesalahan yang sering terjadi dalam penggunaan slider adalah ditekannya kamera saat dalam menempel dengan slider, akibatnya slider kurang mulus.
  2. Daya Tahan. Sliders yang berkualita adalah slider yang mampu meluncur dengan sangat baik meskipun sudah sering dan lama dipakai, bahkan dengan beberapa benturn. Jika rel penyok, dan mengganggu efek sliding, sebaiknya membeli slider baru.
  3. Mobilitas. Hal ini tergantung pada jenis pekerjaan yang biasanya dilakukan. Jika memproduksi film hanya menggunakan 2 kru, sebaiknya membeli slider ukuran 5 kaki, jenisnya adalah Kessler Cine Slider.
  4. Panjang slider. Sekali lagi tergantung pada projek film yang dikerjakan. Slider meteran yang benar-benar lebar, berguna untuk movement camera yang lebih luas.

Nah, itulah pengenalan sedikit mengenai Camera Slider atau Slider Kamera. Yuk dibaca dan kunjungi artikel lainnya DISINI. Terima kasih. Semoga bermanfaat.